Amankah Olahraga Ekstrim untuk Anak

Amankah Olahraga Ekstrim untuk Anak

Amankah olahraga ekstrim untuk anak menjadi banyak pertanyaan orang tua. Ada orang tua yang membatasi anaknya olahraga karena alasan takut. Mereka tidak ingin anaknya terluka. Ini keinginan yang wajar.

Apakah cedera pada anak lebih banyak terjadi pada olahraga ekstrim? Ternyata tidak demikian. Salah satu penelitian yang dicatat dalam majalah Intisari, ada jenis-jenis olahraga yang memberikan cedera lebih sering. Jenis olahraga ini adalah bola basket, bisbol, sepak bola, softball, dan senam. Maka untuk olahraga ini perlu lebih diwaspadai.

Cedera yang seringkali terjadi berulang adalah penggunaan otot dan tulang yang berlebihan. KOndisi ini mengakibatkan robekan tendon, fraktur, atau dislokasi dan deformitas tulang.

Amankah olahraga ekstrim untuk anak

Para ahli menjelaskan bahwa pubertas mempengarungi resiko cedera pada laki-laki dan perempuan. Laki-laki cenderung lebih kuat dan tinggi tetapi memiliki resiko cedera tiga kali lebih besar dari yang perempuan.

Perbedaan resiko cedera pada anak laki-laki dan perempuan seiring dengan meningkatnya aktifitas dan tingkat kompetisi pada aktifitas mereka. Misalnya anak yang persiapannya kurang saat bertanding dan mendapat lawan tanding yang lebih kuat mendapat resiko cedera yang lebih besar.

Salah satu data memperlihatkan bahwa ada banyak peraatan medis yang dialami anak-anak akibat cedera olahraga. Misalnya pada olahraga skateboard, anak mengalami banyak cedera di pergelangan tangan, bantalan siku. Untuk itu perlu diperhatikan bantalan-bantalan proteksi untuk tubuhnya saat berolahraga. Perlindungan pada pergelangan tangan dan siku bermakna sekali. Sama dengan perlindungan kepala pada olahraga bersepeda.

amankah olahraga ekstrim untuk anak

Amankah berolahraga ekstrim pada anak? Kembali pada orang tua. Bagaimanapun orang tua perlu memberikan kesempatan pada anak-anak untuk memilihi olahraga yang disuakainya. Orang tua tetap harus mendampingi anak-anak dalam aktifitas olahraga mereka.

Banyak pilihan orang raga ekstrim yang dapat dipilih anak-anak. Mulai dari sepak bola, skateboard, flying fox dll. Anak-anak perlu diberikan kesiapan dan berlatih secara bertahap. Proses ini akan meminimalkan cedera yang mungkin terjadi. Olahraga secara rutin dalam takaran yang proporsional sesuai dengan kemampuan fisik tiap anak. Maka pertanyaan amankah olahraga ekstrim untuk anak dapat dengan mudah dicari jawabnya!

 

Yuk ikuti kelas GRATIS belajar bisnis online marketing, klik disini www.daftarkelassb1M.net

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *