Kemegahan Istana Alhambra di Granada

Kemegahan Istana Alhambra di Granada

Kemegahan Istana Alhambra di Granada. Istana Al-hambra terletak di kota Granada, merupakan ibukota propinsi Granada, Spanyol. Kota ini berada dalam wilayah otonomi Andalusia. Letak istana ini berada di kaki gunung Sierra Nevada, dalam ketinggi 738 meter diatas permukaan laut.

 

 

Al-hambra adalah kompleks istana, sekaligus perpustakaan besar terlengkap dan menjadi benteng bagi penduduk Muslim Moor.  Granada menjadi kota dalam peradaban Islam yang penuh kemilau dengan perkembangan ilmu pengetahuan di masanya, ketika benus Eropa masih terkungkung oleh kegelapan dan kebodohan.

 

Namun sejarah pahit tertoreh di Granada bagi penduduk muslim di sana. Pada tahun 1490 Granada Sultan Muhammad mendapatkan surat dari Raja Ferdinand untuk menyerahkan Granada ke dalam kekuasaannya.  Setelah itu pada tahun 1492 Granada ditaklukkan oleh pasukan yang dipimpin oleh Raja Ferdinanad II dari Aragon dan Ratu Elizabeth dari kastilia dan Sultan Muhammad pun diasingkan. Ribuan penduduk muslim terbunuh dan sebagian mengungsi ke berbagai wilayah lain. Cahaya Islam pun meredum di Granada.

 

Istana Alhambra menjadi lambang kemajuan Islam di Granada yang mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1240. Bangunan Istana ini telah menjadi warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO. Nama Alhambra berasal dari bahasa Arab, yang berarti merah. Namanya dapat tersirat dari bangunan dengan susunan batu merah dan detail ornamen yang menghiasi istana. Kemegahan Istana Alhambra yang masih bisa kita nikmati hingga hari ini dapat dilihat pada beberapa foto ini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *