Kenali Bisnis Startup Digital di indonesia

Kenali Bisnis Startup Digital di indonesia

Kenali bisnis startup digital di Indonesia saat ini. Bisnis startup menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia, ketika mulai penggunaan teknologi digital merambah kehidupab banyak orang di dunia.

Apa sebenarnya bisnis startup itu?

Bisnis startup adalah kegiatan bisnis yang dikembangkan oleh perusahaan pemula atau sering disebut sebagai perusahaan rintisan. Mereka memanfaatkan perkembangan teknologi digital dalam bekerja, seperti internet, artificial intelligence atau internet of things dan lain-lain dalam usaha bisnisnya.

Para pelaku bisnis startup telah merambah pada berbagai bentuk layanan. Aplikasi yang dikembangkan amat memudahkan para konsumen memenuhi kebutuhan mereka secara cepat, akurat dan nyaman. Layanan bisnis startup mulai dari pasar produk retail (market-place), investasi atau keuangan, pendidikan, sosial kemanusiaan, pertanian, perikanan dan e-commerce.

Para perintis bisnis di startup biasanya memulai dengan ide bisnis yang brilian. Mereka sudah mampu menemukan dan mengembangkan ide bisnisnya, baik berupa produk atau jasa. Idenya sudah dipikirkan dan dengan matang dan serius, sehingga produk atau jasanya jelas dan dapat dinikmati orang banyak.

Umumnya para pelaku bisnis startup ini berkali-kali menguji produk dan jasanya di berbagai kompetisi. Ada yang jatuh bangun mengembangkan idenya, bisa jadi berkali-kali ditolak dan kalah dalam kompetisi bisnis bagi pemula.

kenali bisnis startup digital di Indonesia_2

Dalam kompetisi bisnis para para “StartUp” diuji rencana dan strategi pengembangan bisnisnya mulai dari keunggulan produk dan jasa mereka, rencana bisnisnya mulai dari permodalan, biaya produksi, distribusi, break-event point, potensi profit, resiko bisnisnya. Tidak mudah memang menjadi perintis bisnis seperti “Startup”

Coba bayangkan! Mereka harus faham produk atau jasanya. Selain itu mereka juga harus memahami lingkup bisnisnya dalam aspek produksi, keuangan, marketing, distribusi hingga resiko bisnis. Ilmu yang dimiliki harus cukup. Walaupun mungkin pengalaman bisnis masih minim. Boleh dibilang, butuh nyali kuat buat memulai bisnis “Startup”

Di Era Industri 4.0 ini generasi milenial banyak membidani bisnis startup. Kedekatan mereka dengan perkembangan teknologi digital, kompetisi ekonomi dunia yang tidak lagi dibatasi oleh batas negara, laju informasi yang tidak lagi bisa dibendung, membuat arus bisnis digital menjadi pemicu adrenalin mereka.

Akankah mereka sanggup menahan gelombang pertarungan di bisnis startup? Tentu jawabnya bisa beragam. Sebagian melaju menjadi perusahaan besar dan membangun kerajaan bisnis. Tidak sedikit pula yang harus menelan pil pahit perjuangan bisnis, dan berjuang lagi dari bawah. Bahkan para perintis bisnis digital seperti Steve Jobs merasakan benar perjuangan merintis bisnis mereka.

Kenali bisnis startup digital di Indonesia saat ini. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *