Kisah Para Pemilih Pemula di Kemeriahan Pemilu 2019

Kisah Para Pemilih Pemula di Kemeriahan Pemilu 2019

Kisah Para Pemilih Pemula di Kemeriahan Pemilu 2019

Kisah Para Pemilih Pemula di Kemeriahan Pemilu 2019 kita simak yuk! Bagaimana rasanya menjadi pemilih pemula di Pemilu 2019 yang gegap gempita hari ini? Tentu banyak yang penasaran.

Pemilihan umum 2019 yang berlangsung hari ini, 17 April 2019 akan diikuti oleh 5.035.887 orang pemilih pemula. Dalam catatan DP4 yang diterbitkan Kemendagri bahwa pemilih pemula adalah mereka yang pada tanggal 1 Januari 2018 sampai dengan 17 April 2019 berusia 17 tahun.

Pengalaman pertama biasanya bikin dag dig dug. Ada rasa penasaran, harapan, juga gejolak jiwa tersediri. Perhelatan demokrasi Indonesia kali ini memberikan tantangan khusus bagi para pemilih pemula.

Kisah Para Pemilih Pemula di Kemeriahan Pemilu 2019

 

Dalam satu kesempatan sosialisasi “Empat Pilar MPR RI”,  DR. H. Hidayat Nur Wahid, MA,  Wakil Ketua MPR RI menjelaskan tentang sistem pemilu Indonesia saat ini. Bahwa sistem pemilihan umum Indonesia langsung memilih pasangan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif kabupaten/kota, anggota legislatif propinsi dan anggota DPR RI. Ini merupakan sistem pemilihan umum yang kompleks. Pola ini spesifik dan hanya ada di Indonesia. Setiap negara mempunyai sistem pemilu masing-masing. Pemilihan umum Indonesia sesuai dengan amanat Undang Undang Dasar.

Kebayangkan bagaimana rumitnya? Apakah sistem pemilihan umum yang kompleks dalam satu paket ini difahami dengan cepat oleh para pemilih pemula? Kita simak saja beberapa kisah berikut.

Ada Hafidz di Pesanggrahan, Jakarta Selatan yang sudah beberapa waktu lalu aktif bertanya pada kedua orangtuanya tentang pemilu dan calon-calon pilihannya. Pagi ini ia sudah mantap bergerak ke TPS didampingi kedua orang tuanya.

Kisah Para Pemilih Pemula di Kemeriahan Pemilu 2019

Hafidz segera bisa menyelesaikan proses di tempat pemungutan suara hingga di akhir dia agak gugup. Karena ternyata kertas suara yang berjumlah 4 buah, dengan sebagiannya memiliki lebar sebesar koran membuat ia panik. Hingga ia menjerit dan menengok ke arah kotak suara di sebelahnya.

Ia tanya sama ibunya di kotak sebelah, “Ibu! Ini bagaimana melipat kertasnya?”

Ternyata ibunya pun jadi terperanjat. Sampai ia buru-buru membantu melipat kertas suara punya anaknya yang lebar itu.

Sehingga keduanya terlihat kerepotan di bilik suara. Keduanya bahu membahu membereskan lipatan kertas suara yang lebar itu. Ingin sama-sama segera menyelesaikan tugas pencoblosan kartu suaranya

Ibu dan anak ternyata sama -sama grogi akhirnya, karena pelipatan kertas suara ini.

Mungkin lain kali perlu ada latihan melipat kertas suara yah, sebelum ke TPS. Khususnya buat kalian para pemilih pemula. Melihat adegan ibu anak ini membuat petugas TPS tersenyum.

Kisah Para Pemilih Pemula di Kemeriahan Pemilu 2019

Di Karet, Semanggi, Jakarta Selatan ada Farell Omar yang sangat bersemangat ke TPS pagi ini. Farell Omar pagi-pagi sudah dibriefing oleh Mamahnya untuk persiapan ke TPS. Mamahnya menjelaskan kembali mengenai tata cara memilih dan siapa yang dipilih.

Mamahnya Farell Omar benar-benar proaktif memberikan pembelajaran pada anaknya, seorang pemilih pemula. Dengan cara ini Farell Omar faham bagaimana menggunakan hak pilihnya.

Nih lihat nih foto Farell Omar!  Ia bangga menjadi pemilih pemula. Sukses yah Farell!!

Kisah Para Pemilih Pemula di Kemeriahan Pemilu 2019

Lain lagi kisah Bu Tri di Kalimanta Timur yang lebih heroik membimbing anaknya, pemilih pemula untuk siap ke TPS.

Saat berkumpul di ruang keluarga pagi-pagi sekali, Bu Tri mengobarkan semangat anaknya: “Nah, inilah persaksian kalian di hadapan Allah SWT untuk memilih pemimpin terbaik………”

Sementara Bapaknya memandangi Ibunya dari jauh dengan senyum-senyum saja. Anaknya, si pemilih pemula mendengarkan penuturan ibunya dengan sangat serius.

Tampaknya orasi Ibu Tri pagi ini berhasil. Ibu Tri bersama anak-anak dan suaminya sudah menyelesaikan hak pilihnya di Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah dengan lancar.

Kisah Para Pemilih Pemula di Kemeriahan Pemilu 2019

Syukurlah semua pemilih pemula dalam kisah kali ini sukses memilih. Namun ada jutaan lainnya yang kita belum ketahui kisahnya. Berharap sekali para pemilih pemula bisa benar-benar memilih. Memilih pemimpin di pemilu 2019 yang mereka yakin bisa mewadahi harapan-harapan mereka dan negeri ini.

 

 

Kisah Para Pemilih Pemula di Kemeriahan Pemilu 2019

 

Simak artikel menarik lainnya!

Yuk Ikut Kursus Bisnis Online Gratis Agar Siap Jadi Jutawan

Kemeriahan Pemilu 2019 Penuh Semanga dan Harapan

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *