KOPTUL Nyali Bisnis untuk Difabel

KOPTUL Nyali Bisnis untuk Difabel

KOPTUL nyali bisnis untuk difabel sangat menakjubkan!! Siapa menyangka bahwa para difabel tuna rungu sukses melejitkan proyek bisnis mereka secara mandiri. Sambil memberdayakan sesama tuna rungu. Konsep warung kopi modern dengan pelayanan khas difabel yang unik. Sungguh menggugah hati.

Mau tahu apa itu KOPTUL?

KOPTUL adalah nama kafe untuk sajian kopi. Koptul kepanjangan dari kopi tuli. Mengapa dinamakan begitu? Nah ini dia istimewanya. Yuk kita simak kisah berdirinya kafe KOPTUL ini.

KOPTUL nyali bisnis untuk difabel

Kafe Koptul sudah ada di kawasan Krukut Depok, Jawa Barat dan di Jakarta. KafeĀ  Koptul berdiri sejak Mei 2018 lalu. Pendiri kafe ini adalah Mohammad Adhika Prakoso, Tri Erwinsyah dan Putri Samphagita Trisnawinny Santoso.

Sebelum mereka mendirikan kafe KOPTUL, seperti lulusan perguruan tinggi lain mereka mencari pekerjaan. Tetapi karena mereka difabel sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Akhirnya mereka bertekad untuk mendirikan bisnis sendiri, dan berharap bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi sesama difabel.

Awal berjalannya kafe KOPTUL sungguh tidak mudah. Bagaimana komunikasi dengan pelanggan di kafe dengan keterbatasan difabel. Mereka ditantang menjalankan bisnis kafenya dengan penuh keberanian dan rasa percaya diri yang tinggi. Mereka yakin bisa membuktikan diri sebagai difabelpreneur.

KOPTUL nyali bisnis untuk difabel

Ada satu trik jitu yang justru mengangkat keterbatasan mereka di kafe KOPTUL. Tanpa harus banyak bercakap mereka memfasilitasi layanan kopinya dengan wadah unik dan kaya informasi. Gelas kopinya bergambarkan abjad bahasa isyarat untuk mempermudah pelanggan memesan. Coba lihat kemasan kopi mereka yang unik!

Sekalipun para barista dan pelayan cafe KOPTUL melayani dengan senyap, tetapi pelayanan tetap bisa berjalan lancar. Bahkan para barista siap melayani pelanggan jika ada diantara mereka mau belajar bahasa isyarat. Wah pasti seru yah!

KOPTUL nyali bisnis untuk difabel

KOPTUL layak diberikan apresiasi atas inisiatif bisnisnya. Sebuah contoh yang memberikan bukti bahwa menjadi difabel tetap bisa berdaya dan produktif. Bahkan menelurkan bisnis yang memberikan kesempatan kerja bagi sesama difabel. Yuk kita acungkan jempol untuk mereka!

Silahkan membaca artikel lainnya, setelah KOPTUL nyali bisnis untuk difabel ini.

 

koptul nyali bisnis buat difabel