Nyali Investasi Masayoshi Son di Alibaba

Nyali Investasi Masayoshi Son di Alibaba

Nyali Investasi Masayoshi Son di Alibaba banyak membuat orang takjub. Mengapa? Karena Masayoshi ternyata tidak memutuskannya karena pertimbangan yang jelas. Semata-mata karena ia melihat sosok anak muda Jack Ma yang bersemangat. Yuk kita simak sekelumit kisahnya.

Ternyata Masayoshi Son bukanlah orang baru di dunia komputer, software atau teknologi digital. Bahkan bisa dibilang ia adalah orang yang sangat lekat dengan perkembangan industri ini. Ia mengenal dekat orang-orang penting di teknologi perkomputeran. Lihatlah fotonya bersama Steve Jobs dan Bill Gates.

nyali investasi masayoshi son di alibaba

Siapakah Masayoshi Son? Mengapa ia memiliki kerjasama dengan para tokoh di teknologi perkomputeran ini? Pasti penasaran kan….

Masayoshi Son lahir dari keluarga Korea yang tinggal di Jepang. Ia lahir di kota Tosu pada tanggal 11 Agustus 1957.  Pendidikan tinggi yang ia geluti adalah bidang Ekonomi dan luus dari University of California, Amerika Serikat. Sejak awal pendidikan ekonomi ini, Masayoshi yakin bahwa komputer menjadi elemen penting dalam revolusi ekonomi ke depan. Ia mengikuti keyakinannya hingga kini.

Nyali Investasi Masayoshi Son di Alibaba

Masayoshi Son awalnya perintis dan CEO perusahan telekomunikasi Softbank di Jepang. Dengan berjalannya waktu perusahaan ini kemudian lebih banyak bergerak di bidang investasi. wajar jika jejak perusahaan ini telah banyak memberikan modal bagi pengembangan teknologi-teknologi baru. Sampai kemudian investasi Softbank masuk ke Alibaba.

Sebelum Alibaba, banyak perusahaan dan proyek-proyek pengembangan usaha berbasis teknologi digital yang dibiayai oleh Softbank. Investasi yang digelontorkan Masayoshi Son melalui Softbanknya tidak melulu untung. Banyak juga yang hilang karena merugi.

Masayoshi pernah menginvestasikan uangnya melalui Yahoo. Ia juga mendanai proyek investasi di Jepang yang menggunakan QR code dalam pengembangan pola pembayaran berbasis digital. Tak tanggung-tanggung jumlahnya mencapai 10 milyar yen atau setara dengan 88 juta dollar amerika. Uang sejumlah itu hanya untuk mengimplementasikan pola pembayaran digital dengan basis teknologi baru. Padahal belum ada jaminan keuntungan dapat ia raih dengan pengeluaran yang sedemikan besar.

Lebih spektakuler kisah investasi Masayoshi Son di Alibaba. Tambah penasaran kan? Masayoshi Son adalah orang penting dibalik perkembangan usaha Alibaba. Menurut penuturan Masayoshi Son bahwa ide usaha Jack Ma disetujui bukan karena kalkulasi ekonomi. Tidak ada hitungan untung rugi disana. Bahkan ia mengakui bahwa proposal investasi Alibaba yang disodorkan Jack Ma salah. Wow beneran Nih?

Nyali Investasi Masayoshi Son di Alibaba

Ada hal lain yang dilihat oleh Masayoshi Son ketika berhadapan dengan Jack Ma. Sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan perhitungan investasi dan ekonomi. Masayoshi melihat bahwa Jack Ma memiliki mata yang demikian bersinar ketika menyampaikan ide bisnisnya. Masayoshi Son juga yakin bahwa sosok Jack Ma punya kekuatan kharisma dan memimpin.

Jadi sekalipun proposal bisnisnya tidak bernilai saat itu, keyakinan Masayoshi Son akan sosok Jack Ma membawa keberaniannya untuk menggelontorkan dana investasi besar untuk Alibaba. Investasi besar yang diterima oleh Alibaba menjadi nadi pengembangan Alibaba hingga besar seperti saat ini.

Nyali Investasi Masayoshi Son di Alibaba

Masayoshi Son benar-benar punya nyali kuat seorang pebisnis. Ia tidak takut kehilangan uang dari berbagai investasi yang dijalankannya. Dunia bisnis dan investasi memang keras. Tidak setiap investasi menjamin adanya keuntungan. Bahkan Masyaoshi Son bisa lebih dari itu, ia memutuskan investasi tanpa banyak teori dan pertimbangan ekonomi yang merepotkan. Tetapi ia tetap yakin dengan keputusannya. Ajaibnya bukan? Ia kini menjadi orang terkaya di Jepang.

Simak artikel lainnya di Jakarta selepas Nyali Investasi Masayoshi Son di Alibaba ini.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *